Rabu, 22 April 2015

TIPS MENGGANTI MAINBOARD KOMPUTER YANG RUSAK


Komputer anda rusak ? Sudah dicek sana-sini dan kesimpulannya mainboardnya yang harus diganti. Setelah dicek prosesornya ternyata masih bagus. Tentunya biar tidak keluar duit banyak dan komputer tetap bisa digunakan, harus diganti mainboardnya saja. Tapi jangan asal beli sobat, jika salah beli bisa fatal, komputer tidak nyala sudah keluar duit yang tidak sedikit, nee saya kasih tips mengganti mainboard komputer yang rusak. 

1. Pastikan soket prosesor pada mainboard yang akan dibeli suport dengan prosesor yang lama, misal prosesor yang dirumah menggunakan soket Intel LGA 1150, maka mainboard yang dibeli juga harus suport LGA 1150.
2. Pastikan slot RAM pada mainboard yang akan dibeli juga sesuai dengan RAM yang lama, misal DDR1, DDR2 atau DDR3. Jangan sampai salah nanti malah bisa tambah duit buat beli RAM yang suport mainboard baru anda.
3. Pastikan FSB/Bus prosesor suport dengan FSB/Bus yang dimiliki oleh mainboard yang akan dibeli, misal prosesor Intel Pentium 4 dengan FSB/Bus 533 Mhz tidak bisa dipasang dengan mainbord yang memiliki FSB/Bus diatasnya (800 Mhz keatas).
4. Perhatikan port keyboard dan mouse anda dirumah jika menggunakan port PS2, pastikan main board yang akan anda beli ada, karena ada juga yang tidak terdapat port PS2.
5. Seuaikan dengan kegunaan komputer anda, jika hanya digunakan untuk pekerjaan yang standart saja maka beli mainborad yang kelas Value atau pas saja, jika untuk pekerjaan yang berat seperti main game kebutuhan grafis tinggi maka beli mainboard dengan kualitas yang high end, agar tidak kecewa nantinya.
6. Yang paling penting pastikan uang anda cukup, jangan-jangan sudah sampai toko tanya harga ternyata uangnya tidak cukup,. . .heheheheh

Karena mainboard merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah komputer, kadang disebut sebagai "Mother board" papan induk. Jadi pastikan anda tidak salah memilih saat membeli. Demikian sedikit tips dari saya semoga bisa membantu anda. Trima kasih dengan meninggalkan komen dibawah ya broo . . . .

Salam hangat dari PACITAN . . . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar